AKTUALISASI SEMANGAT PERSATUAN DI TANJUNG BONAI AUR

Basamo Mambangun Nagari, salah satu ungkapan Minang dalam merajut Persatuan, yang kalau kita alihkan kedalam Bahasa Indonesia kira-kira tertulis “Bersama Membangun Desa”. Kalimat diatas menjadi tema pada Acara Musrenbang RKP (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah) Tahun Anggran 2020 di Tanjung Bonai Aur. Acara yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 22 November 2019 memnjadi salah satu momen berkumpulnya semua elemen Masyarakat. Mulai dari Para Petani, Tenaga Pendidik, Perangkat Nagari, Lembaga Nagari, Ninik Mamak dan para Tokoh Masyarakat lainnya duduk memenuhi 2 ruangan milik MTsN 6 Sijunjung.


Acara yang dibuka langsung oleh Bapak Adam, A.Ma (Wali Nagari), juga sempat dihadiri oleh salah seorang Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Jefri Masrul, SE, beberapa Instansi Kabupaten, Camat Sumpur Kudus dan Para Pendamping Profesional Desa Tingkat Kecamatan dan Nagari lengkap dengan rombongan masing-masing.

Pertemuan yang menjadi ruang adu gagasan serta salah satu tempat penampung usulan-usulan Masyarakat dalam membangun Nagari. Seolah tidak mau menyia-nyiakan, peserta Musyawarahpun berlomba-lomba menyampaikan gagasan mereka. Bertaburannya gagasan positif dalam membangun Nagari membuat tema yang tertulis didepan ruangan jadi tidak sia-sia. Ternyata pertemuan ini memberi pertanda bahwa Masyarakat Nagari Tanjung Bonai Aur bisa dan akan terus bersama-sama melakukan hal baik.


Akhirnya, harapan yang disampaikan Wali Nagari disaat Pembukaan jadi kenyataan. Ketegangan, rasa letih seolah memudar diterpa semangat bersama. Semua Peserta Musyawarah ingin Nagari Mereka jadi Nagari yang mandiri. Melihat diskusi yang alot diantara peserta Musyawarah, membuat Wali Nagari merasa harus mengucapkan terima kasih. Mari Basamo Mambangun Nagari.

“Hanya ada satu Negara yang pantas menjadi Negaraku, Ia tumbuh dengan perbuatan dan perbuatan itu adalah perbuatanku”

Muhammad Hatta. (Aiba)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan